China: AS Bermain dengan Api di Taiwan

BEIJING - China mengatakan Amerika Serikat (AS) bermain-main dengan api terkait dukungannya untuk pemerintah Taiwan yang berkuasa. Komentar itu meluncur jelang pertemuan antara Menteri Pertahanan China Wei Fenghe dan penjabat Menteri Pertahanan AS Patrick Shanahan.

Kedua negara, yang terkunci dalam perang dagang yang meningkat, juga berselisih soal serangkaian isu strategis, mulai dari Laut Cina Selatan yang disengketakan hingga Taiwan yang demokratis. China selama ini mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya yang sensitif, bahkan akan diambil secara paksa jika diperlukan.

Wei dan Shanahan dijadwalkan akan menghadiri forum pertahanan tahunan Shangri-La di Singapura yang dimulai pada hari ini, Jumat (31/5/2019), di mana mereka berada diharapkan bertemu.



China sangat marah dengan patroli Angkatan Laut AS baru-baru ini di Selat Taiwan, undang-undang AS untuk mendukung Taiwan dan pertemuan antara kepala keamanan nasional Taiwan David Lee dengan penasihat keamanan nasional Gedung Putih John Bolton.

Berbicara pada jumpa pers bulanan reguler, juru bicara Kementerian Pertahanan China Wu Qian menggambarkan hubungan militer antara Beijing dan Washington umumnya baik.

Tetapi dia mengambil nada yang jauh lebih tegas ketika ditanya tentang dukungan AS untuk Taiwan, masalah yang telah lama digambarkan China sebagai yang paling sensitif dalam hubungan antara kedua negara.

"Baru-baru ini, pihak AS terus-menerus memainkan 'kartu Taiwan', berusaha sia-sia untuk 'menggunakan Taiwan untuk mengendalikan China'. Ini delusi," kata Wu.

"Serangkaian tindakan yang telah diambil pihak AS adalah bermain dengan api, secara serius merusak perkembangan hubungan militer antara China dan Amerika Serikat, dan secara serius merusak perdamaian dan stabilitas di daerah Selat Taiwan," imbuhnya seperti dikutip dari Reuters.

Sebelumnya pasukan udara, laut dan darat Taiwan melakukan latihan untuk mengusir pasukan penjajah pada hari Kamis, ketika menteri pertahanannya berjanji untuk mempertahankan pulau itu dari apa yang dilihatnya sebagai meningkatnya ancaman militer China.

Baca juga: Bersumpah Bela Diri dari Agresi China, Taiwan Gelar Latihan Militer

Washington tidak memiliki hubungan formal dengan Taipei, tetapi merupakan pendukung internasional terpenting dan pemasok utama senjata.

Seorang pejabat senior pertahanan AS mengatakan fakta bahwa Shanahan akan menghadiri dialog Shangri-la selama periode ketegangan dengan Iran adalah tanda bahwa Amerika Serikat berkomitmen terhadap kawasan dan sekutunya.

Selama pertemuan dengan Wei, Shanahan diperkirakan akan memunculkan komunikasi yang lebih baik antara kedua militer untuk menghindari risiko kesalahan perhitungan, kata pejabat AS itu.

Comments

Popular posts from this blog

9 Most Beautiful Beaches In Europe You Should Visit This Summer

Why US-Iran tensions could quickly escalate into a crisis